Tuesday, June 22, 2010

nasi hainan (or hainam?!)

Aku selalu berpikir nama makanan ini nasi hainam..tp ternyata hainan yah? duh ga ngerti deh..Pokoknya yg pasti menu malam ini adalahhh.... yah yang di atas ituh..


Cara masaknya sebenernya sangat gampang...

Nasinya:

tumis bawang putih secukupnya.. kalo doyan yah dibanyakin, kl buat perasa doank yah ga usah terlalu banyak. Kemudian masukkan beras yang sudah dicuci. Kasih kecap asin, garam dan merica. Aduk2 sebentar, kemudian masukkan ke rice cooker; masak dengan air kaldu.
**Hari ini aku kerajinan coba tumisnya pake minyak ayam drpd minyak goreng biasa. Cara bikin minyak ayam, ambil bagian kulit and minyak2 dari paha (biasanya) dan taruh di atas penggorengan panas. Nanti minyaknya keluar sendiri.

Ayamnya:

Kali ini aku masak pake paha (as per picture). Sebagai persiapan, rajang bawang putih secukupnya; Campur dengan kecap asin, jahe (yang udah dirajang juga atau mau pake bubuk jg gpp), garam, merica. Lumuri ayam dengan campuran ini, biarkan selama beberapa saat (marinate). Setelah itu, kukus ayam sampai matang. Nah selama dikukus ini, biarkan smua minyak dr ayam turun ke air yang di bawahnya, krn air inilah yang nanti akan jadi kuah (so, taro air di bawahnya agak banyakan aja.
Setelah ayam empuk dan ngga ada darah artinya ayam siap disajikan
Untuk kuah, bisa dicoba rasanya dan ditambah garam or merica or kecap asin as required; dan juga ditambah irisan spring onion

Sambalnya:

Aku sih pake cabe besar 7 biji, ditambah 1/2 (setengah) tomat. Rebus ini sebentar. Setelah itu blender cabe dan tomat dengan bawang putih sampai halus. Terakhir tambahkan sedikit garam untuk perasa.

**Oya karena hari ini lagi kerajinan, aku juga goreng irisan bawang putih buat terakhir ditaro di atas ayam & nasi.. enak deh.. biar ada somethin extra aja :)

Sorry yah kalo aku nulis resepnya seadanya, abis aku emang kalo masak freestyle. Secukupnya, seenaknya, dan apa yg ada di lemari dapur.. Tapi yah ngga yang keluar jalur amat2 sih. So, kayak ini aku ga bisa kasih ukuran apa2. Kadang ajah kalo udah masak sekali dan enak, belom tentu bisa disuruh ulang lagi. Hahahaha..

Tapi buat yang baru masak, don't worry. I believe everything comes from learning and trial error, but most importantly from the heart. Kalo emang kita memasak untuk orang yang kita sayang n mau memberikan yg terbaik, pasti makanannya enak. Nah (ini bagian terpenting), kalo yang udah dimasakin bawel n complaint2 tiada henti, dengan muka judes bilang ajah ke dia 'udah bagus dimasakkin, kalo bawel mendingan ga usah makan deh...' =p

sekian dan terima kasih.. ^^

4 comments:

bombie {=^o^=} said...

LOLOO !!!

Gua lagi diet..
huhuhuhu...

pasti gagal ini kl liat blog loe terus :)
haoehohaoheoaheo :)

JOKING LO !!
Pleaseeeeee pleaseeee...continue...

gua comment banyakan di blog gua yah :)

AdeLheid said...

Yeiyyyyyyyy........cowo ku suka banget nasi hainan,hainam, ayam, entah apalah itu wakakaka~
Tengkyuuu buat naruh ni resep disini^^

gillsunshine said...

ih hebat! :)
secara gw sekarang di sg, kayaknya buat resep yang ini mending beli jadi aja kali yaaaaaaaaaa :p

|0|0... said...

@bie..sori, gw ga tau lo lgi diet. aduh kalian yg di singapore, kok diet mulu sih..tergoda yah bie.. gpp, sy memang menggoda.. *apa coba*
@inge.. INGG..kalo km nyoba masak..kasih tau yah hasilnya. pgn tau resep aku membantu ga..cowomu suka makanan apa lg? *lhoo?!*
@gil..ah kmu..akhirnya muncul kembali..he eh setuju! kl di singapore mah mending beli.gw jg kl di sono jarang msk banget kali..