Monday, June 21, 2010

me n perkedel

Perjalanan gw n perkedel goes a long way back. I didn't remember whether was a big fan of perkedel or not when I was little, but sejauh gw inget, beberapa taon yang lalu gw mulai tertarik with this food called perkedel hahaha. abis enak sih..
Nah semenjak gw skolah d luar negri, and apalagi mulai tinggal di aprtemen sendiri kan jadi mau ga mau masak.. and this one time gw pengen banget bikin perkedel abis kayaknya gampang.

Dasar gw ga bisa masak, my 1st attempt at perkedel, gw rebus kentangnya.. (krn gw pikir kan itu kyk mashed potato campur kornet). Ends up, itu potato kelembekan n so perkedel is gagal. Terus ke2 (setelah nanya2 ke ibu2/oma2 cara memasak perkedel yg baik dan benar), gw mencoba pake red potato n digoreng kentangnya. To be honest at 1st my head can't get around it..but akhirnya jadi.. ok lah at least.. Oh tp agak2 perjuangan krn tiap kali nge-goreng somehow minyak gw berbusa tingkat tinggi. Annoyed but I thought it was normal.. Sebener2nya cara2 yg pake digoreng ini kentangnya kadang berhasil kadang gagal.. krn masih agak kelembekan kentangnya.. Gw sampe being a 'smartass', gw masukin dl campuran kentang n kornet ke kulkas/freezer supaya keras hahahaa...
Pokoknya there were so many ups n downs deh between me n perkedel. Everyday we met, I learned something new. I even remembered once, kita akhirnya makan perkedelnya ancur2, jadi kayak cuma campuran mashed potato n kornet karena emang udah bener2 ga bisa diselematkan. -.-"

Yesterday, finally, me n perkedel comes into agreement!! hahaha. I finally know how to treat it properly... sooo this is what I use

6 potatos
1 kaleng kornet
garam, merica secukupnya
garlic secukupnya
2-3 telur; dipisah kuning n putihnya
a pinch of kaldu ayam
minyak goreng buat ngegoreng

then...
1.kupas potatos, potong kecil2 and kukus selama maybe 15-30 minutes. pokoknya cek ajah sampai agak lembek tp jangan terlalu lembek. You don't want to put it to long, selama sampe bisa gampang di-mash ajah
2. setelah jadi 'mashed potato', masukin kornet, garlic, garam, merica, dan kuning telur. Aduk semuanya sampe rata. If you want, you can even taste it krn kan sebenernya semuanya dah mateng anyway. Atau yah coba potato-nya aja hahaha.. If you're happy with it, leave it aside for a while
3. Panasin minyak sampai panas
4. Bentuk adonan bulat pipih (yah kayak bentuk perkedel gitu), celupin ke putih telur, then masukin ke minyak panas.
5. Yang tunggu dan balik sampai both sides kecoklatan; angkat dan tiriskan.

voila, your perkedels are ready to eat :)

kalo gw sih senengnya makan pake potongan rawit n kecap manis.. yuuummm

akhirnya gw menemukan knapa minyak gw dulu berbusa..karena gw ngebungkus terakhirnya pake kocokan kuning n putih telur..harusnya pake putih telur ajah!! so happy!! trs gw senengnya pake resep ini karena less minyak! kalo yang kentangnya digoreng kan itu udah berminyak skali, belom stelah dibentuk, ntar di deep fried lagi. so at least with this one, we only fry it once..less oil.
yang bikin seneng k2 krn mr.A loves it! haha..it's not easy to please him about food haha..he knows it a lot more than I do.. but kemaren dia susah banget berenti nge-gado-in perkedelnya. woohhooo.. happy husband, happy wife ^^ (and vice versa of course)

3 comments:

Pinkbuble said...

Asik-asik..nambah resep!

AdeLheid said...

aku skrg kalo bikin perkedel males nungguin kentangnya mateng, aku warp semua trus masukin ke microvawe aja....

Cuma perlu 3-5min dah mateng jadi bisa langsung dicampur2 & dibentuk. Tapi supaya ga terlalu kering, pas nyampur2 itu dikasih minyak sayur sedikit hehehe.........

huaaaa laper berat, ngeces2~ soalnya penggemar berat perkedel jg :d

|0|0... said...

wah inge..thank u buat suggestionnya ^^ 3-5 menit..cepet bangettt!!! ntar deh kalo kapan2 aku males, aku coba cara kamu ajah..Oh sebenernya kalo pake kornet, mungkin ga usah pake minyak lagi..karena tuh kornet minyaknya dah sebejibukk ajehh..hmm..